Ciri – Ciri Madu Asli dan ‘Palsu’. Antara Yang ‘Mitos’ dan Tidak

Diposting pada

2007-2012 saya berkecimpung di dunia herbal. Termasuk didalamnya adalah madu. Saya bergaul dengan produsen, distributor, peternak lebah, sampai penjual. Dan sejak 2007 itu juga saya suka men-konsumsi madu dari berbagai macam jenis dan merk madu. Berdasarkan pengalaman itulah saya jadi tahu ciri-ciri madu asli dan palsu itu seperti apa.

Saya merasa bahwa penting untuk membahas tentang bagaimana mengenali ciri madu yang asli dan palsu. Bukan cuma supaya para pembaca blog saya ini bisa me-konsumsi madu yang berkualitas lagi menyehatkan, tapi penting juga untuk me-counter ‘pendapat-pendapat SESAT’ yang tidak ilmiah sama sekali seputar cara pengecekan keaslian madu.

Sedih sekali rasanya mendapati ‘pendapat sesat’ tersebut menyebar luas dimasyarakat dan dijadikan tolak ukur untuk mengetahui asli – tidaknya suatu produk madu. Sebagian dari pendapat tersebut malah justru mendukung madu abal – abal supaya dianggap asli (baca : Bagus). Jadi WASPADALAH dan baca terus sampai habis artikel saya ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana ciri madu asli, sedikit saya mau menyampaikan bahwa selama saya kenal madu, saya belum pernah sekalipun menemukan madu yang palsu. Bukan berarti saya menafikan keberadaan madu palsu. Madu palsu mungkin saja ada, tapi saya belum pernah menemukannya. Kalau madu yang tidak berkualitas (baca : jelek) sering saya dapati. Sejauh ini saya berkeyakinan madu tidak bisa dipalsukan. Kalau madu asli dioplos dengan zat lain itu sangat mungkin terjadi. Tapi itu kan tidak otomatis menjadikannya madu palsu, menurut saya. Mungkin lebih tepatnya madu tidak murni.

Semua madu yang saya pernah beli dan konsumsi semuanya – InsyaAllah – asli. Hanya saja ada yang bagus, ada yang tidak bagus. Ada yang murni dan tidak murni. Carilah madu yang asli, lagi murni. Itu baru joss 👍

Kembali lagi ke pembahasan ciri – ciri madu asli, maka yang saya maksud dengan ‘ciri madu asli’ adalah ciri madu yang tanpa campuran apapun dan tanpa proses tambahan apapun. ok, langsung aja ya …

Berikut Ciri – Ciri Madu Asli antara Mitos dan Tidak

ciri madu klanceng asli [penampakan]
ciri madu klanceng asli [penampakan]
  • Madu asli tidak dirubung semut << MITOS

Kenapa saya sebut ‘mitos’? Karena cara ini benar-benar diluar nalar. Sama sekali tidak masuk akal!

Yang namanya madu itu manis dan pasti mengandung zat gula (glukosa dan fruktosa) yang pastinya disukai sama semut. Malah madu klanceng/tewel/trigona yang terkenal ASSSEEMMM pakai ‘banget’ saja juga mengandung gula dan pasti dirubung semut. Saya sendiri ternak madu klanceng. Ada 2 box dirumah. Dan itu disemutin loh sarangnya. Padahal saya nggak siram air gula ke sana 😄

Justru standar mengenali ciri madu asli seharusnya dibalik. Madu yang ‘palsu’ (baca ; jelek) itu tidak akan dirubung semut. Masa madu manis tidak ada semut yang suka? Ini sebenarnya madu atau racun?!

Selama ini, yang mengatakan madu asli tidak disukai semut tidak pernah menyertakan argumen yang ilmiah. Terus kenapa kita harus percaya? Bisa jadi yang membuat pandangan Sesat itu jangan – jangan penjual madu palsu?! Bisa jadi, kan?!

  • Ciri Madu asli wadahnya menggelembung, rasanya asam dan hangat diperut << TIDAK BENAR!

Saya juga berpendapat demikian dulunya. Tapi ternyata ciri madu seperti itu tidak menjamin kualitasnya. Madu itu mungkin saja asli tapi sudah tidak bagus. Madu yang wadahnya menggelembung itu menandakan madu sudah mengalami ‘fermentasi’. Seperti layaknya tape, jadi ada rasa asam dan panas ketika dikonsumsi.

Fermentasi pada madu bukannya malah menjadikan madu jadi bagus, justru sebaliknya, kualitas madu akan menurun drastis.

Madu asli Indonesia memiliki kandungan air yang tinggi diatas 20%. Makanya walaupun negeri kita ini surganya madu. Madunya berlimpah ruah, tapi sayangnya tidak bisa diekspor karena standar kandungan air untuk madu ekspor paling tinggi adalah 20%. Nah kandungan air yang tinggi dalam wadah yang tertutup rapat itulah yang menyebabkan terjadi proses fermentasi.

Untuk mendapatkan madu yang asli (Baca : Bagus/berkualitas) carilah madu yang tidak menggelembung wadahnya.

  • Ciri madu asli tidak beku ketika dimasukkan ke freezer << TIDAK BENAR

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, madu lokal Indonesia kebanyakan tinggi kandungan airnya. Yang namanya air ya pasti akan membeku dong kalau dimasukin ke freezer?! Terkecuali kalau kandungan air dalam madunya sedikit sekali, biasanya titik bekunya akan semakin tinggi.

Kesimpulannya, madu asli bisa jadi tidak beku didalam freezer, bisa juga dia membeku. Tergantung dari tingkat kandungan air didalamnya dan seberapa lama dia berada di dalam feezer.

PERINGATAN : Jangan sekali-kali meletakkan madu kamu di kulkas, apalagi freezer. Suhu yang ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin) tentunya akan merusak madu. Kualitasnya akan menurun. Letakkan saja madu di suhu ruangan.

  • Madu yang tidak mengkristal ketika disimpan di kulkas adalah ciri madu asli << TIDAK BENAR

Pernah menemukan madu yang mengkristal pada bagian bawahnya? Kadang tidak disimpan dikulkas pun dia mengkristal. Kristalisasi ini tidak otomatis menjadikannya ciri madu palsu.

Di paragraf sebelumnya saya sampaikan kalau madu mengandung glukosa dan fruktosa. Juga kandungan air yang ada pada madu. Kalau fruktosa, zat ini akan larut dalam air. Istilah kerennya (baca : ilmiah) air dapat mengikat fruktosa. Nah kalau glukosa tidak. Air lebih sulit mengikat glukosa. Sampai sini mengerti kan?

Ketika madu disimpan di kulkas dan air mengalami pembekuan, fruktosa yang larut bersama air akan turut beku. Sedangkan glukosa yang sulit larut dengan air akhirnya memisahkan diri. Air membeku, si glukosa ini malah mengkristal.

Pada madu yang kandungan glukosanya tinggi, tidak disimpan di kulkas pun kadang dia akan mengkristal. Contoh madu dengan glukosa tinggi adalah madu randu. Jangan dibuang madu yang begini, karena memang bukan berarti madu palsu. Konsumsi saja terus.

  • Perbedaan madu ASLI dan PALSU dilihat dari kental atau encernya << TIDAK BENAR

Kan saya sudah bilang kalau madu kita tinggi kadar airnya. Itu artinya madu kita pasti lebih encer. Tapi kenapa ada juga yang kental? Nah yang kental itu sudah bukan ‘madu murni’ lagi heee… ‘Murni’ dalam artian bukan madu bawaannya. Ada proses dimana si madu akan dikurangi kadar airnya. Biasanya disebut proses vakum.

Proses vakum ini ada yang merubah kualitas madu, ada juga yang tidak. Teknologi vakum modern digadang-gadang tidak akan merubah kualitas madu. Sedangkan vakum gaya lama konon katanya sih akan menyebabkan banyak nutrisi madu yang hilang.

Ok, terlepas dari vakum atau tidak vakum, encer atau kental, yang jelas ciri madu asli tidak bisa ditimbang dari hal tersebut. Saya pribadi lebih senang memilih madu yang asli dan murni. Maksudnya madu yang dipanen dari sarang langsung masuk wadah untuk dijual. Bukan dilakukan proses tambahan apalagi dimasukkan zat essence, misalnya. Kalaupun harus divakum, ya mesti yang sudah pakai teknologi modern 😉


Itulah 5 hal yang dijadikan standar ciri madu asli yang beredar di masyarakat, yang pada dasarnya tidak terbukti, jauh dari kata ilmiah. Kalau mau dibilang HOAX, ya berarti itu hoax.

Terus, bagaimana ciri madu asli yang sebenarnya?

kotak lebah klanceng dirubung semut
kotak lebah klanceng dirubung semut. Lihat garis putih yang melingkari. Itu adalah ‘kapur’ racun serangga supaya semut tidak mendekat

Sampai saat ini cara saya mengenali keaslian dan kemurnian suatu produk madu adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin setidaknya selama sebulan penuh. 2 SDM 2x sehari, minum selama 30 hari, kalau ada perubahan positif pada tubuh kita, seperti badan jadi terasa jauh lebih fit, tidak mudah sakit, yang sakit menjadi lebih baik atau bahkan sembuh, maka itu adalah Madu asli.

Dari sekian banyak madu yang bisa saya pastikan keasliannya dan kualitasnya (dengan harga yang terjangkau tentunya) adalah madu klanceng . Madu dengan rasa asam khas ini punya ‘daya gedor’ yang ampuh (kayak striker bola aja 😆 ) dibanding madu lain yang pernah saya minum. Malahan istri saya yang tidak suka minum madu ini karena rasanya yang asem tapi kalau sudah datang gejala flu, dia langsung maksain diri minum madu ini 2 SDM 2x sehari. Alhamdulillah, flu nya batal datang.

Kalau mau benar – benar yakin – haqqul yakin – asli atau tidaknya dan bagus atau tidaknya suatu madu, bawa saja ke laboratorium. Hasilnya pasti akurat. Tentunya cara ini akan memerlukan biaya.

PERHATIKAN darimana kamu mendapatkan madu. Pastikan membelinya dari penjual yang sudah dipercaya

Saran saya, jangan membeli madu di emperan pinggir jalan. Kecuali kamu sudah kenal baik dengan penjualnya. Belilah madu di toko yang memang menjual beragam macam jenis madu. Disana kita bisa memilih dan memilah – sesuai dengan pengetahuan kita – mana madu yang asli dan murni dan mana yang tidak. Kadang ada toko yang menyediakan tester-nya. Kalau ada tester lebih enak lagi milihnya.

Bisa juga membeli langsung ke peternaknya. Agak susah memang, karena peternak madu biasanya bukan berada di kota. Dan peternak juga umumnya melempar hasil panen madunya ke pengepul atau produsen pemilik merk. Walau ada juga sih peternak yang juga sekaligus pemilik merk madu.

Sekian artikel saya yang panjang ini. Semoga setelah ini tidak ada lagi pendapat keliru seputar ciri – ciri madu asli dan palsu. Jangan takut untuk mengkonsumsi madu. Madu terus – pantang mundur! Silahkan share bila bermanfaat.

3 thoughts on “Ciri – Ciri Madu Asli dan ‘Palsu’. Antara Yang ‘Mitos’ dan Tidak

    1. belum apa-apa akh. Masih seuprit trafficnya hehehe… SEO nya cuma onpage aja sama nulis artikel yang user friendly. Nggak pake yg aneh-aneh. Makanya trafficnya seuprit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *