Cara berhenti merokok total dan mendadak
Cara berhenti merokok total dan mendadak

Cara Cepat-Alami-Mendadak Berhenti Total Dari Merokok. AMPUH!

Diposting pada

Tidak semua orang ada keinginan untuk berhenti total dari merokok. Pun dari sekian banyak yang memiliki hasrat berhenti, mereka tidak tahu cara berhenti merokok dengan cepat. Dengan cara alami juga tentunya. Maksud saya ‘alami’ adalah tidak melibatkan pihak ketiga seperti dokter atau terapis dan tidak menggunakan obat-obatan tertentu.

Cara Berhenti merokok total dan secara alami ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi. Alhamdulillah, sudah 12 tahun lebih saya bersih dari rokok. Kalau saya bisa, maka seharusnya kamu juga bisa.

Langkah Pertama dan Utama dari Cara Berhenti Merokok adalah …

Saya Mencoba Rokok Sejak Kecil Usia 6-7 Tahun (Ilustrasi)
Saya Mencoba Rokok Sejak Kecil Usia 6-7 Tahun (Ilustrasi)

KEINGINAN …. Ketika kamu punya keinginan untuk berhenti merokok, bersyukurlah, karena menurut saya itu anugerah. Inilah modal besar buat kamu supaya bisa lepas dari belenggu rokok. Ada keinginan maka ada harapan. Tidak ada keinginan, ya berarti hopeless. 

Pelihara baik-baik keinginan tersebut. Malah kalau bisa diperbesar lagi. Karena bisa jadi diusaha pertama kamu  untuk ‘cerai’ dari rokok akan gagal. Tapi selama ada keinginan, kamu bisa bangun lagi dan mencoba ulang. Tidak peduli berapa kali kamu gagal, kamu akan mencobanya lagi. Ingat, itu terjadi selama keinginan tetap terjaga.

Tumbuhkan MINDSET atau Pola Pikir Positif dan Motivatif

Nah ini senjata terbesar kedua untuk sukses menang melawan rokok. Buat yang belum tahu apa itu mindset, mindset itu adalah sejenis penganan tahu yang berisi sayuran #loh Hahaha.. sorry, cuma bercanda. Jadi mindset dalam artian sesungguhnya adalah pola pandang/pikir kita yang menjadi keyakinan kita atas suatu permasalahan. Misal, [kebanyakan] kita menganggap orang yang memiliki banyak tato itu tidak jauh dari perbuatan kriminal dan amoral. Inilah mindset kita, atau cara pandang kita. Ada juga sih yang beranggapan berbeda, dan itu sudah mindset dia seperti itu.

Mindset itu bisa kita ubah. Yang jelas mengubahnya haruslah ke arah yang positif. Positif untuk diri kita dan lingkungan. Terkait dengan cara berhenti merokok, banyak yang beranggapan bahwa rokok itu menimbulkan kecanduan. Benar nggak? Kamu juga meyakini demikian kan? Saya juga dulu begitu. Dan menurut saya mindset ini tidak ‘positif’ untuk misi kita dalam rangka berhenti dari rokok. Maka dari itu saya ubah menjadi, “Rokok itu tidak membuat saya kecanduan. Merokok hanyalah tentang mengubah kebiasaan dari yang biasa merokok menjadi tidak merokok.”

Mindset ini mungkin akan bertentangan dengan penjelasan ilmiah para ahli kesehatan atau – apalah namanya. ‘Persetan’ sama pendapat mereka hehehe… 😀 Yang terpenting, saya harus bisa berhenti dari merokok.. TOTAL!

Saya pernah membaca sebuah buku tentang cara berhenti merokok mendadak dan secara alami. Disitu dijelaskan pendapat sang penulis yang mengatakan bahwa merokok itu bukan kecanduan. Merokok itu hanyalah kebiasaan. Merubah kebiasaan akan jauh lebih mudah daripada menyembuhkan kecanduan. Mengerti kan maksud saya kenapa mindset kita harus dirubah menjadi ‘Rokok tidak menyebabkan kecanduan. Ia hanya kebiasaan’ ? Tanamkan kuat-kuat hal ini dalam hati dan pikiran kita.

Berhenti Merokok Secara Bertahap? Ahh Lupakan, Lakukanlah Secara Mendadak!

Saya seringkali membaca tips-tips berhenti merokok yang mengatakan, “Berhentilah bertahap. Dari 1 bungkus perhari menjadi setengah bungkus. Terus kurangi pelan-pelan.” Ahh bullshit itu. Maaf kalau kata-kata saya agak kasar ya 😀 tapi saya sedang merubah dan membentuk mindset para pembaca artikel ini yang ingin berhenti merokok.

‘Kata bijak nan lembut’  itu pernah saya praktekkan. Hasilnya? ZONK! Gagal berkali-kali! Serius saya tidak sedang berbohong. Sampai akhirnya saya coba cara yang ‘ekstrem’ untuk berhenti merokok. Dalam satu kali percobaan, saya bisa putus total dari merokok. Sekali lagi, TOTAL!

Tapi saya mesti jujur kalau hal ini tidak mudah. Dan yang ‘tidak mudah’ ini justru malah yang berhasil membuat saya meninggalkan rokok daripada yang ‘bertahap’. Jadi buat kamu yang mau berhenti total dari merokok mau pilih cara yang mana? Cara ‘lembut’ tapi ujung-ujungnya malah bikin rokok jadi makin ngangenin? Atau cara ‘ekstrem’ yang disaya ternyata berhasil? Hey bro, saya sudah coba dua cara tersebut dan kamu sudah tahu kan mana yang terbukti?!

Karena itulah saya sebutkan KEINGINAN dan MINDSET itu dua faktor penting. Keduanya ibarat bahan bakar yang akan menguatkan kita melalui ‘penderitaan’ di hari-hari awal lepas total dari rokok. Sebagaimana saya mengalami merananya hidup tanpa rokok di 7 hari pertama. Ya seperti yang kamu tahu lah ; mulut asem, otak buntu susah mikir, susah dapat inspirasi, dll. Tapi percaya deh, setelah 7 hari, semua akan jadi jauh lebih baik… ketika saya bilang ‘jauh lebih baik’ itu maksudnya ‘bener-bener jauh lebih baik’ 😉

True Story : Kisah Saya Berhenti Dari Rokok

Saya rasa penting untuk menyampaikan dari awal bagaimana saya bisa menjadi perokok lalu berhasil lepas darinya. Dengan begitu saya berharap bisa menjadi inspirasi dan menambah wawasan baru buat pembaca artikel ini.

Sejak usia 6-7 tahun saya sudah mencoba rokok. Waktu itu sih rokok-rokok puntung bekas paman saya yang saya hisap. Tersisa sedikit di asbak dan masih menyala, situasi sekitar yang sepi, beranilah saya mengambil dan menghisapnya. Disitulah saya mulai menghisap rokok.

memasuki usia SMP, saya sudah mulai terbiasa dengan rokok. Masih ngumpet-ngumpet sih. Terus berlanjut hingga saya masuk dunia kerja. Karena saya sudah bisa mencari duit sendiri, saya mulai berani merokok terang-terangan didepan orang tua. Sehari saya bisa menghabiskan sebungkus rokok isi 20 batang. Kalau lagi ngumpul sama teman-teman [begadang] bisa lebih dari itu.

Sampai pada tahap saya mulai merasakan sesak di dada. Dari situ muncul keinginan untuk berhenti merokok. Ketemulah artikel cara ‘lembut’ berhenti merokok. Gagal. Saya coba lagi. Gagal lagi. Coba lagi. Berkali-kali gagal akhirnya saya memutuskan untuk pakai cara ‘ekstrem’.

Alhamdulillah, saya berhasil total mendadak berhenti merokok.

Saya pernah ‘iseng’ untuk membuktikan tips berhenti merokok mendadak ini. Saya menjadi perokok lagi. Hitungan bulan. tepatnya saya lupa. Setelah itu saya stop mendadak dengan cara sama seperti sebelumnya. Dan berhasil lagi. kalau sebelumnya 7 hari tersiksa karena lepas dari rokok, kali ini siksaannya lebih sebentar. Hanya 3-4 hari saja. Saya ulangi sekali lagi dan berhasil lagi. Sampai akhirnya saya menyimpulkan kalau cara berhenti merokok total dan mendadak ini terbukti memang ampuh.

Semoga paru-paru saya seperti ini mengingat saya sudah 12 tahun berhenti merokok
Semoga paru-paru saya seperti ini mengingat saya sudah 12 tahun berhenti merokok

Yang Perlu Diketahui Seputar Tips atau Cara Alami Berhenti Merokok Total dan Mendadak

  • Sebelum menggunakan cara saya yang ‘eksterm’ ini, bulatkan tekad dulu kalau kamu SANGAT .. SANGAT .. SANGAT INGIN berhenti merokok. Dan SANGAT .. SANGAT .. SANGAT YAKIN pasti bisa berhenti merokok.
  • Masa tersulit lepas dari rokok biasanya (berdasarkan pengalaman saya) 7 hari diawal. Saya menyebutnya dengan ‘Masa Pembersihan’. Setelah itu kita dan rokok itu kayak biasa saja. Tidak ada ‘hubungan’ spesial lagi. Malah setelah berbulan-bulan berhenti, kalau ada yang ngerokok didekat kita, kita sudah merasa terganggu.
  • Jika memungkinkan, pada masa awal berhenti merokok jauhkan diri dari orang – orang yang merokok. Kalau saya sih tidak perlu. Biasa saja bergaul. Dengan Syarat point pertama diatas sudah benar-benar ‘tertanam’ didiri kita.
  • Ketika datang ‘hasrat’ ingin merokok, gantikan dengan mengunyah permen. Atau isi waktu kita penuh dengan kegiatan positif. Jangan sampai kebanyakan ‘bengong’ takutnya nanti ‘kesambet’ setan rokok 😂
  • Jauhkan juga temannya rokok. Biasanya temannya rokok itu kopi. Rokok dan kopi itu dua sejoli yang tidak terpisahkan. Kalau sudah lewat ‘Masa pembersihan’ boleh kok ngopi lagi.
  • Cara berhenti merokok secara alami dan mendadak ini juga bisa kamu praktekkan untuk berhenti dari rokok elektrik
  • Bagaimana kalau rokoknya digantikan dengan rokok herbal? Nah ini yang bikin saya bingung. Herbal itu kan artinya bahan alami. Rokok yang banyak beredar sekarang juga termasuk kategori herbal. Kan bahannya dari tembakau yang alami?! 😂 Ahh sudah lah.. kalau memang mau berhenti merokok ya berhenti saja. Jangan cari alasan supaya tetap merokok diganti dengan herbal lah, pakai yang elektrik lah 😀

Kalau kamu belum ada keinginan berhenti merokok, baiknya baca deh artikel bagus dari Kementerian Kesehatan seputar Bahaya Rokok. Semoga bisa menginspirasi.

Terkahir, cara berhenti merokok versi saya ini memang bukan dari hasil penelitian dan percobaan yang ilmiah. Apalagi professional. Yang jelas ini terbukti berhasil sama saya. Dan seharusnya berhasil juga buat para pembaca yang punya keinginan menjatuhkan ‘talak 3’ ke rokok. Selamat mencoba. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *