Minyak Zaitun Asli Seperti Apa Cirinya? SIMAK!

Posted on
Contoh minyak zaitun tidak asli menurut saya
Contoh minyak zaitun tidak asli menurut saya

Alhamdulillah saya sudah pernah berinteraksi dengan importir Minyak Zaitun Asli dan bertransaksi dengan para penjual reatilnya membuat saya tahu manfaat minyak zaitun, kegunaannya, sampai karakteristiknya. Alhamdulillah juga saya jadi paham pula jenis-jenis dan kualitas minyak zaitun yang banyak beredar dipasaran dengan hanya melihat warna dan mencium aromanya.

Sebenarnya untuk mengetahui minyak zaitun asli atau tidaknya sangatlah mudah. Nggak perlu skill khusus. Semua orang pasti bisa. Pada artikel kali ini saya ingin membagikan triknya.

CARA MUDAH MENGETAHUI MINYAK ZAITUN ASLI ATAU TIDAK

  • Mari kita lihat dari segi warnanya. Minyak zaitun yang asli punya warna hijau kekuningan untuk yang jenis extra virgin. Sedangkan untuk yang jenis olive oil atau pomade warnanya lebih dominan kuning. Jadi kalau ada produk yang ngaku minyak zaitun tapi warnanya bening saya amat sangat meragukan keasliannya. Walau itu keluaran brand ternama semisal : Mus**ka R*t* dan sejenisnya
  •  Aromanya – buat saya – kurang ‘sedap’. Ya khas minyak gorang gitulah. Tapi kalau minyak zaitun asli lebih tajam. Kalau kalian dapat produk yang ngaku minyak zaitun dengan aroma harum semerbak hmmm…kayaknya itu bukan minyak zaitun asli deh. Atau paling nggak sudah nggak murni lagi.
  • Yang terakhir, kalau minyak zaitun asli bisa dikonsumsi. Coba minum aja sesendok kecil. Ada rasa sedikit ‘pahang’ ditenggorokan. Klaim minyak zaitun asli tapi ada tulisan ‘tidak untuk dikonsumsi’ dikemasannya jelas bukan minyak zaitun asli.

Itu 3 cara menentukan keaslian minyak zaitun. Mudah, kan?

Yang perlu saya tekankan lagi, minyak zaitun yang asli punya ‘harga’. Saya sering pakai istilah, ‘Ada harga-ada kualitas’. Karena ini adalah produk import tentu harganya sedikit lebih mahal. Semakin bagus kualitas minyak zaitun, semakin tinggi pula harganya.

Pohon – pohon zaitun banyak tumbuh di daerah Mediterania, Timur tengah, dan Afrika. Tapi yang terbaik adalah yang tumbuh di Tursina, yaitu suatu daerah di Mesir yang berbatasan dengan Palestina. Hal ini sudah dinisbatkan dalam Alquran

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun dan demi bukit Sinai.” (At-Tin: 1-2)’

“… yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis).” (An-Nur: 35)

Bukit sinai yang disebut berada di Tursina dimana banyak ladang-ladang zaitun dan tin disana. Secara umum semua minyak zaitun diberkahi, tapi secara khusus dari sekian banyak yang berkahi itu minyak zaitun tursina lah yang paling banyak keberkahannya. Karena ayat diatas secara khusus menyinggung zaitun yang tumbuh di Tursina.

Minyak zaitun asli pasti yang kita inginkan. Bukan sekedar asli, kita juga tentunya kepingin minyak zaitun yang berkualitas. Sebagaimana yang sudah saya sampaikan diatas, yang terbaik adalah minyak zaitun dari tursina. Sayangnya, Tursina adalah tempat yang jauh banget. Namun jangan khawatir, ingat dipembahasan diawal artikel ini? Kan saya sebutkan saya sudah berinteraksi dengan importir minyak zaitun asli.

Nah importir yang saya maksud adalah importir minyak zaitun asli TURSINA. Saya tidak sedang berpromosi, tapi lebih kepada memberikan pilihan. Kalau kalian ingin minyak zaitun yang banyak beredar di luaran sana, its okay.. nggak apa-apa kok.. 😉

Tapi… kalau kalian kepingin minyak zaitun asli berkualitas sebagaimana yang telah difirmankan dalam Al-Quran, silahkan Anda bisa kontak saya melalui WA 085218785252.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *