[WASPADA] Sebelum ke Curug Nangka Wajib Tahu Hal Berikut ini!

Posted on

Bogor memang dikenal dengan kota seribu curug (air terjun). Buannyyyaaakkk banget curug di Bogor. Karena mungkin bogor kota hujan juga ya. Salah satunya yang terindah adalah Curug Nangka yang ada di Kec. Ciapus Kab. Bogor.

Yang suka ‘main-main’ air bisa ke SKI Waterpark Tajur kota Bogor. Nah kalau mau yang alaminya ya ke Curug Nangka. Tempatnya cukup mudah dijangkau dan nggak jauh dari pusat kota Bogor. Artinya dekat sama SKI dong. Artinya lagi, kalian bisa sekalian mampir ke kedua tempat tersebut dalam satu kali kunjungan ke Bogor.

Selain dekat, Curug Nangka juga ada camping ground-nya. Buat yang mau menginap ala-ala pecinta alam bisa menyewa peralatan kemping dan bermalam dilokasi. Cuaca dingin di lokasi pada malam hari cocok banget kalau ditemanin sama kopi liong kopi khas bogor yang cuma ada dan dijual di Bogor.

Secara umum, curug nangka cukup aman kok. Cuma ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan sebagiannya perlu diwasapadai. Apa aja itu? Simak!

Bayar tiket masuk Curug Nangka disini
Bayar tiket masuk Curug Nangka disini
  • Saya mulai dari yang paling ‘menyebalkan’ dulu menurut saya [mungkin tidak untuk sebagian orang], yaitu HARGA TIKET MASUK KE CURUG NANGKA YANG BERLAPIS!

Setidaknya ada 3 pintu masuk yang mesti kita lewatin kalau mau masuk ke Curug Nangka Bogor. Disetiap pintunya kita akan dimintain biaya. Memang tidak mahal, tapi JELAS TIDAK PROFESIONAL! Kenapa mesti bayar berkali-kali? Kenapa nggak dibuat 1 pintu aja? Yang resmi pintu yang mana? Huffttt… #tepokjidat

Konon katanya sih, salah satunya adalah pintu resmi milik pemerintah. Selebihnya adalah bodong yang diada-adakan oleh ‘preman’ atau ‘oknum’ dari warga sekitar.

Banyak yang mengeluhkan tentang hal ini. Ditotal-total untuk tiket masuk ke Curug nangka Bogor jatuh dikisaran 20-35ribu rupiah per orang per kendaraan. Bahasa ‘kisaran’ yang saya gunakan itu disebabkan memang seringkali berbeda-beda beban biayanya.

Teman saya pernah masuk dan hanya ditagih disatu pintu saja sebesar 20.000. Dilain waktu ada teman saya yang lain yang ditagih di 2 pintu masuk. Ada juga yang ‘curhat’ di internet yang katanya dimintain di 3 pintu. Tentunya semakin banyak pintu masuk yang dilewati, ya semakin besar juga biayanya.

  • WASPADA dengan binatang liar di CURUG NANGKA

Untuk kalian yang ingin ke Curug Nangka, terutamanya ingin kemping disana, maka berhati-hati dengan barang bawaan. Ada monyet dan anjing liar yang setiap saat bisa ‘mencuri’ barang bawaan kita terutamanya makanan.

  • Budget terbatas? Jangan Asal jajan di Curug Nangka

Ini juga penting untuk diketahui. Alangkah baiknya jika kalian yang punya budget ngepas supaya bawa perbekalan yang memadai kalau kepingin ke Curug Nangka.

Di warung tenda harga jajanan sangat memungkinkan ‘ditembak’. Walau nggak ‘sesadis’ di puncak, tetap aja kan bikin hati dongkol dan kantong ‘nyesek’ kalau kita terus-terusan jajan dengan harga diatas standar.

Kita nggak bisa menyalahkan si pemilik warung. Mungkin aja mereka dikenakan biaya ‘siluman’ yang mesti mereka setorkan ke pihak ‘siluman’ dan itu bisa jadi nggak sedikit. Efeknya, mereka harus menjual harga diatas keumumannya.

Tips Hemat berkunjung ke Curug Nangka  Bogor adalah beli ke pedagang gendong yang keliling. Mereka menjual dengan harga yang relatif wajar. Oya, saya mendapati mereka mengeluhkan harga tiket yang ‘cukup mahal’ yang konon menurut mereka berdampak pada daya beli pengunjung. Belum lagi kalau ada pungutan ‘siluman’ yang juga tentunya akan memberatkan mereka.

  • Di Curug Nangka, Minim Tempat Sampah. Bawalah Plastik Sampah Kalian Sendiri!

Sangat miris kalau lihat sebuat tempat wisata yang indah jadi berkurang keindahannya karena sampah yang berserakan. Di Curug Nangka pun demikian. Walau masih terbilang bersih, tapi minimnya tempat-tempat sampah tentunya alamat bakal nggak baik ke depannya. Sekarang dengan pengunjung yang tidak terlalu ramai masih bisa diatasi oleh petugas kebersihan lokal. Bagaimana kalau nanti sudah membludak?

Untuk menjaga keindahan alam kita, saya sangat..sangat..sangat..menyarankan bawalah plastik sampah kalian sendiri. Kalau kita nggak menemukan bak sampah, kita bisa simpan sementara diwadah plastik kita sendiri. Cintai Alam kita ya.. Kalau bukan kita yang lestarikan, siapa lagi?!

  • Jalan yang licin. HATI-HATI!

Sebelum kita mencapai Curug Nangka, kita akan selusur sungai terlebih dahulu. Seru memang. Tapi tetap hati-hati karena treknya terbilang lumayan licin. Apalagi ketika mendekati lokasi Curug Nangkanya.

Inilah kelemahan kebanyakan wisata yang belum dikelola secara profesional. Mudah-mudahan kedepannya ada perbaikan yang tentunya buat kita pengunjung jadi lebih aman, nyaman dan betah berlama-lama di Curug Nangka.

  • WASAPADA NYASAR disimpang tiga Curug Nangka

Simpang 3 curug nangka. Highlander atau The highland park resort
Simpang 3 curug nangka. Highlander atau The highland park resort

Banyak keluhan dari pengunjung yang baru pertama kali datang. Yup, mereka kesasar di pertigaan sebelum lokasi. Padahal sudah pegang rute dan alamat Curug Nangka yang cukup jelas tapi tetap aja nggak semudah rute ke makaroni panggang Bogor.

Ketika kalian mendapati pertigaan yang ada plang ‘Higlander’ atau ‘The Highland Park Resort’ seharusnya kalian belok ke kiri bukannya ke kanan. Kalau kalian ambil kanan kalian akan terus melaju ke Curug Luhur. Dan Curug Luhur lebih banyak lagi ‘ketidaknyamanannya’. Nanti saya akan ceritakan yang dimaksud dengan ‘ketidaknyamanan’ di Curug Luhur Bogor.

Jadi ingat ya… ketemu persimpangan ‘Highlander’ atau ‘The Highland Park Resort’ langsung ambil kiri!

Oke, saya rasa itu hal-hal yang perlu kalian ketahui dan waspadai sebelum berkunjung ke Curug Nangka Bogor. Masalah keindahannya nggak perlu diragukan lagi. MANTAP JIWA lah pokoknya. Segeralah berkunjung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *