Kantor BPJS ketenagakerjaan atau JAMSOSTEK Bogor
Kantor BPJS ketenagakerjaan atau JAMSOSTEK Bogor

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan [dulu JAMSOSTEK]. Update 2017

Posted on

BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulunya pernah populer dengan sebutan Jamsostek dananya bisa dicairkan oleh pemiliknya jika Ia sudah berhenti dari keanggotaan. Karena hakikatnya memang itu uang si nasabah.

Pagi ini Desember 2016 (tanggal tepatnya saya lupa) saya dapat tugas antar istri buat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan miliknya.

Sejak resign dari tempat kerjanya awal tahun 2016 ini,  baru kali ini sempat ngajuin klaim pencairan.

Sempat juga menempuh jalur online, tapi selalu ditolak. Sepertinya untuk online peraturannya lebih ketat. Akhirnya kita putusin datang langsung ke kantornya.

Pagi jam 8 kita sudah ‘mendarat’ di pelataran parkir kantor BPJS Ketenagakerjaan kota Bogor. Penuhhh…..!!

Sudah ketebak sejak dari parkiran yang padat, antrian di dalam pasti mengular. Dan benar aja..  😱 Nggak ada bedanya sama saudaranya – BPJS Kesehatan.

Pertama, kita mesti antri di Counter ‘pengisian formulir’. Disinilah semua dokumen yang diperlukan di verifikasi kevalidan dan kelengkapannya. Kalau ada yang kurang atau tidak valid maka bisa dipastikan  akan ditolak lalu diminta datang lagi setelah dokumennya sesuai prosedur.

Setelah masuk giliran antrian saya, semua berkas diperiksa. Check and recheck, hasilnya ‘postif’ berkas yang saya ajukan belum lengkap. Makin lemes saja dengkul saya. Kalau sudah begini, secangkir kopi yang saya ‘sruput’ tadi pagi seolah tidak ada efeknya.

Contok surat keterangan perekaman
Contoh surat keterangan perekaman

Kekurangan berkas yang dimaksud adalah ‘Surat Keterangan Perekaman’. Surat ini diterbitkan oleh Disdukcapil (Dinas kependudukan dan catatan sipil). Akan ditagih oleh petugas BPJS kalau E-KTP kita belum jadi/pindahan. Memang istri saya pindahan dari Jakarta ke Bogor dan sampai sekarang KTP Bogor nya belum jadi.

Akhirnya kita meluncur ke Disdukcapil Kab. Bogor

— SKIP —

3 Januari 2017, saya sudah berdiri antri seperti waktu sebelumnya. Cuma kali ini antriannya lebih panjang.

Jam 9 pagi masuk antrian, jam 10 saya sudah masuk giliran. Alhamdulillah, berkas istri saya dinyatakan lengkap. Formulir pun sudah ditangan. Formulir ini harus kita isi lengkap sesuai dengan dokumen aslinya. Misal : masa kerja harus ‘matching’ antara yang ditulis di formulir dengan surat pengalaman kerja (paklaring) kita.

Kalau sudah diisi lengkap, serahkan formulir ke petugas tadi. Lalu tunggu panggilan.

Jam 10 menyerahkan balik formulir, jam setengah 3 sore baru deh saya dipanggil di proses selanjutnya. Sumpah, capeknya luar biasa! Mana fasilitasnya menurut saya masih kurang memadai. Panas, gerah dan kurangnya kursi bikin tingkat ‘stress’ makin tinggi.

Masuk ke prosedur berikutnya, berkas dan formulir dimasukkan ke dalam kotak yang tersedia. Disini semua akan dicek ulang. Kalau ada yang kurang, misal tidak bawa berkas ASLI nya maka akan disuruh pulang dan kembali lagi besok. ‘Ngenesnya’ lagi, harus antri lagi dari awal!!

Berkas Istri saya lulus pengecekan dan langsung dikasih nomor antrian (masih harus antri lagi. Ampun deh!). Singkat kisah, istri sudah berhadapan dengan petugas. Beberapa pertanyaan diajukan seperti, ‘Siapa nama ibu kandung, nama dan alamat perusahaan, perusahaannya bergerak dibidang apa, produksi apa. Mirip-mirip investigasi.

Oya dibagian ini nanti ada proses foto juga.

Happy ending sih, alhamdulillah klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaaan istri saya disetujui dan dana akan cair dalam waktu maksimal 7 x 24 jam. Langsung masuk ke rekening istri saya.

Syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan / JAMSOSTEK

Syarat klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaan
Syarat klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Bisakah mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online?

Jawabannya adalah BISA!

Tapi…..

Istri saya sempat mempertanyakan pencairan BPJS ketenagakerjaan secara online ke petugas disana dan jawabnya, “Untuk saat ini ‘online’ belum bisa dilakukan.”

Bisakah mencairkan BPJS ketenagakerjaan tanpa paklaring (Surat Pengalaman Kerja)?

Tentang ini juga ditanyakan oleh istri saya, dan jawabannya adalah ‘TIDAK BISA’.

Saya mengetahui ada orang yang mengajukan pencairan dananya. Dia punya 3 kartu BPJS ketenagakerjaan, tapi dari ketiganya cuma 1 yang bisa cair. Sisanya tidak bisa keluar karena tidak ada paklaring.

Alamat dan no. Telpon kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Bogor

Alamat dan no. Telepon kantor BPJS ketenagakerjaan kota Bogor
Alamat dan no. Telepon kantor BPJS ketenagakerjaan kota Bogor

Kantor cabang Bogor 1 Jl. Pemuda no.28 (depan pabrik ban Goodyear atau dekat GOR Pemuda kota Bogor)

No. Telp : (0251) 8318179

Hal penting yang harus diperhatikan ketika akan Mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan :

  1. Pastikan dokumen Anda lengkap dan masih berlaku. Jangan sampai harus bolak – balik antri di kantor BPJS karena akan  sangat menyita waktu dan tenaga.
  2. Antriannya kemungkinan panjang dan melelahkan, setidaknya itu yang terjadi di BPJS Ketenagakerjaan kota bogor tempat saya ngajuin klaim, jadi usahakan datang sepagi mungkin.
  3. Saya melihat ada banyak ibu yang membawa anak – anaknya yang masih kecil. Karena antrian yang lama dan tempat yang panas akhirnya ada anak yang rewel tidak betah. Saran saya titipkan saja anaknya kecuali Anda yakin kondisi di ‘TKP’  sangat kondusif.
  4. Saya antri dari jam 9 pagi dan selesai jam 4 sore. Kalau Anda ingin berhemat, saran saya bawa bekal makan-minum sendiri.
  5. Pastikan Anda membawa berkas yang ASLI dan siapkan juga yang Fotocopy nya
  6. Buat yang memiliki kartu BPJS lebih dari satu itu berarti Anda harus mempersiapkan persyaratannya 3 rangkap sesuai dengan data di kartu BPJS nya.
  7. Setelah selesai di loket pengambilan formulir, jangan berpikir untuk pulang dan melanjutkan proses berikutnya esok hari. Dijamin Anda akan disuruh antri lagi dari awal. Selesaikan semuanya hari itu juga!

SILAHKAN kalau ada yang mau menambahkan untuk cara klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan atau JAMSOSTEK dikolom komentar.

186 thoughts on “Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan [dulu JAMSOSTEK]. Update 2017

      1. Mau tanya mas kalau BPJS nya tidak sesuai dengan KTP gmn ?
        Karena saya kn pindah rumah dan pindah ktp dari Jaksel ke Jaktim itu perlu minta domisilin dari ktp awal atau tidak ya ?
        Terimakasih

      1. langsung aja ke web resminya nanti ada kok. Cuma saya udah coba beberapa kali waktu itu tp ditolak terus padahal syaratnya udah lengkap sesuai prosedur.

    1. KTP, buku tabungan, surat pengalaman kerja, surat keterangan dr disnaker, KK, sama keterangan rekam KTP sementara dr disdukcapil kalau misalkan E-KTP blm jd. Semua harus asli sesuai nama KTP. Siapin FC nya juga mas

        1. Caranya gimana,soalnya q kan punya tiga kartu tapi yang mau tak cairkan yang 2kartu aja,yang dpabrik terakhir gak meh tak cairkan,apa seperti itu bisa cair punya q yang 2 itu

        2. Mbak saya mau tanya kan saya punya kartu bpjs 3 krtu kalo yang 2 kartu saya sudah memenuhi syarat pencairan sedangkan yang kartu terakhir saya belum memenuhi syarat,yang saya tanyakan apakah saya bisa mencairkan yang 2 kartu aja yang sudah memenuhi syarat tersebut tanpa memenuhi syarat yang kartu terakhir??????

  1. Mas maaf saya mau tanya, kan perbulan sept 2015 persyaratannya harus ada vaklaring yg telah di validasi oleh disnaker, itu maksudnya gmn ya mas? Vaklaring di perusahaan saya gak di validasi sama disnaker jadi hanya vaklaring biasa, nah yang saya baca maksudnya di validasi disnaker itu legalisir apa gimana mas? Kalo di legalisir berati saya harus bawa vaklaring saya kedisnaker ya? Tapi saya baca lagi harus ada surat pengantar yang dibuat perusahaan kepada disnaker dan tembusan bpjs . Saya bingung bagian itu mas, bisa bantu? Sebelumnya terimakasih yaa

    1. Mksdnya surat keterangan kita sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Surat dikeluarkan oleh perusahaan utk disnaker. Tp kita juga dpt

    1. Maksudnya surat keterangan bahwa kita benar sudah nggak kerja lg di perusahaan terkait. Surat ini dikeluarkan perusahaan utk ke disnaker. Tp kita juga dpt aslinya

  2. mas saya mau tanya, saya kan punya 2 kartu jht, 1 dari perusahaan yang lama terakhir berhenti 2013, satu lagi dari tempat saya bekerja terakhir ini, seminggu yg lalu saya berhenti bekerja. apakah bisa kartu jht saya yg lama dicairkan? saya baca aturan pencairannya harus sudah berhenti bekerja selama 1 bulan.

  3. Mas,, saat ini kan kk yg saya punya kan cumn fotocopy dan itupun udh hrus diperpanjang lgie kknya,,, cumn ngurusnya saya harus pulang kampung,, kira2 bsa gx kalau KK itu cumn fotocopy n udh habis masa berlakunya,,

  4. kalo yg resign tahun desember 2014
    tidak pke surat dari Disnaker bisa?
    kmdian syarat2 ny yg saya punya, e-KTP Sementara,Surat kehilangan kartu BPJS,kK,paklaring kira2 ada yg kurang apa nggak?
    terimakasih…

    1. Wajib mas. Surat keterangan bahwa mas eko sudah berhenti dr perusahaan sebelumnya. Dikeluarkan oleh perusahaan utk disnaker. Tp mas pegang juga aslinya. Kalau masih pakai KTP sementara mesti ada surat rekam pendudukan dr disdukcapil setempat

  5. Kk tanya nhi saya ada 2 kartu jht.. yg 1 saya sdh resign dri thun 2012…..yg 1 skrng masih aktif….pa yg lama bisa dicairkan jht ku

  6. Mas kalau cairkan 1 kartu kepesertaan tp atas 2 pemberi kerja, apa paklaring nya harus 2-2nya atau dari perusahaan terakhir saja? Thanks

  7. Saya mau tanya nih saya resign 2012 pencarian jamsostek 2017 ..apakah harus bawa surat keterangan atau tembusan dari disnaker dan apakah harus pakai e-ktp..karena waktu pencarian sebelumnya saya hanya membawa dokumen ktp,kartu jamsostek,faklaring,dan kk saja yg asli dan fotocopynya…dan saya agak sedikt bingung jamsostek bisa dicairkan dibpjs kan yaah…mohon balasan secara terperinci.terima kasih

    1. Tambahan yg tembusan ke disnaker. E-KTP kalau blm punya mesti ditambah keterangan rekam kependudukan dr disdukcapil. Iya bisa dicairkan di BPJS Ketenagakerjaan

  8. Saya mau pengajuan gax ada ktp’y tau pun ktp-el krna belum jdi soalnya pindahan tpi ada surat keterangan perekaman bisa cair kah

  9. Mba saya mau nnyk apakah bisa mencairkan jamsostek.syrat ktp,kk,kartu jamsostek, pengalaman kerja. Apakah bisa mba. Tolong infonya mba

    1. Harus ada surat keterangan dr perusahaan ke disnaker yg menyatakan bahwa mba mardiana sudah nggak kerja lg di perusahaan tsb

  10. Tpi mba saya dlu bekrja d batam,trus saya sudh di medan mba. Apakah saya bisa minta surat dri disnaker medan. Trus saya ad 2 kartu jamsostek mba,Yang satu lagi mba kartu jamsosteknya blom kluar krna ktp saya bermasalah,tpi ad surat d kasih dari perusahaan supaya saya melapor k disnaker.apakah bisa di cairkan mba. Infonya y mba. Trimaksih

  11. mas saya mau tanya. saya mau mencairkan jamsostek berkas semua sudah lengkap. tetap kalo ada perbedaan data di iuran jamsostek sama perbedaan perusahannya yg kerja itu bisa gak yah? dan saya sudah tidak berkerja tetapi keterangannya kartu jamsostek masih aktif dan masih berjalan iuran dr perusahannya. trims

        1. Setau saya sih data harus sama mba. Kalau ada beda, biasanya mereka nggak mau. Atau jadi agak sulit, misal mereka minta surat keterangan gitu

  12. Bu mau tanya dr keanggotaan aq udah 7th.dan sekaranag masih aktif diperusahaan.jika jamsosteknya mau diambil sebagian bisa gamohon petunjuk

  13. Jadi mas,,intinya jika kita sudah punya e-ktp tidak perlu surat dari kantor catatan sipil ya? Jika kita tidak punya e-ktp maka wajib punya surat itu? Begitu ya?
    Makasih

  14. Jadi mas,,intinya jika kita sudah punya e-ktp tidak perlu surat dari kantor catatan sipil ya? Jika kita tidak punya e-ktp maka wajib punya surat itu? Begitu ya?
    Makasih

    1. Kalau prosedur pastinya saya kurang tau, tapi ada pengalaman teman orang bogor, kerja di jakarta tp nyairinnya di depok. Dan itu bisa

      1. Tpi katanya menjelang lebaran susah cair dalam wktu 7hri krja. Pling g 15 hri kerja. Apa mungkin dikarenakan apa?

    1. Bukan surat dari disnaker mba. Tapi surat keterangan dr perusahaan lama yg ditujukan ke disnaker sbg pemberitahuan bahwa benar mba ini sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

  15. Nama dikartu anggota JAMSOSTEK Saya “IMAM F” berbeda dengan di e-KTP “IMAM FAUZI”.. Apakah dengan hal itu pencairan dana jamsostek bisa dicairkan?? Tks

  16. Mas surat disnaker itu mnta’a k’daerah tmpat dlu kita kerja atau d’daerah tinggal kita juga bsa mnta??? Soal’a waktu sya abis kontrak cuma dpt paklarin aja, kira2 klo cuma paklarin aja bsa gak yaa mas?? Mhon d’jawab mas lewat email sya jga boleh

  17. mas,,klau resign tahun 2013 apa harus ada surat dari perusahaaan untuk tembusan le disnaker,,atau cukup plakaring aja.

  18. Mas saya udah dapat surat dr disnaker dr perusahaan tp gak ada stempel dr disnaker..kira2 bisa untuk mencairkan jamsostek gak ya?

  19. mau tanya saya kan pernah krja di pt luar cirebon. kalau surat disnaker nya dri cirebon bisa gak ya. atau gak usah. mohon info nya

    1. suratnya dikeluarkan sama perusahaan lama ditujukan ke disnaker dimana perusahaan berada. Jadi mba nya pegang juga sebagai syarat untuk pencairan BPJS nya

  20. Mw nanya admin… Pengambilan jamsostek apabila kk nya sudah ganti bisa kah..? Karena waktu sya bekerja kk nya masih ikut dengan orang tua saya… Sekarang sudah ganti ikut dengan suami.. Apakah dipermasalahkan..?

  21. Mas mu tanya kloe ektp saya belum jadi cuman di kasih surat keterangan nya aja dari kecamatan. tanpa blm ada blanko nya.apakah bisa di cairkan??untuk syarat” yg lain nya udah lengkap cmn ektp blm jdi.surat keterangan ektp tanpa blanko

  22. Mas mau tanya aku kan punya kartu bpjs 2 trus hilang dua2nya…trus minta surat kehilangan..kira2 bisa cair ngak ya…trus tonglong kelekapan apa aja yg harus di bawa…makasi

    1. Coba datang dulu aja ke kantor BPJS tenagakerja terdekat mas. Untuk kelengkapan sudah saya tulis diartikel, silahkan dibaca ulang

  23. PAK, parklaring itu dikeluarkan oleh perusahaan utk kita y pak, soalnya saya minta ke perusahaan tempat saya bekerja dulu, mereka bilang tidak bisa, krna sudah dikirim ke disnaker. itu bagaimana ya pak, ap harus dri disnaker saya minta ap gmn? soalnya tempat saya kerja dlu sudah jauh dri tempat saya sekarang pak. dan parklaring y harus asli kah kita sertakan, atau bisa bentuk shopcopy yg dikirim lewat email disnaker ke kntor BPJS tujuan.????

    1. Paklaring mah memang untuk kita mba Delma. Dan untuk keperluan pencairan BPJS tenaga kerja mesti ada yang asli dan copiannya juga. Coba mba cek ke disnakernya apa benar paklaring mba ada disana. Setau saya sih seharusnya perusahaan menyerahkan ke eks pegawainya bukan malah diserahkan ke disnaker.

    1. Kalau syarat-syaratnya lengkap dan sudah disetujui biasanya dana akan cari maksimal 2 minggu. Tapi pengalaman saya sih nggak sampai seminggu sudah cair ke rekening

  24. Untuk mendapatkan surat keterangan dari disdukcapil nya bisa ke kecamatan terdekat gak mas,apa harus minta ke pusat nya,, hehe

  25. pak saya kemarin pakai eklaim dan ternyata ditolak dengan alasan kartu bpjs tk saya tidak ada nik ktp.
    karena kartu bpjs tk saya sendiri meamng hanya ada angka 1 didepan disertai tanda titik – titik dibelakang seperti ini 1…. ….
    jadi ini mesti ralat kartu atau ajukan klaim secara langsung dikantor bpjs?

  26. Saya telah resign dari tempat saya bekerja 3 bulan yang lalu dan saya ingin mencairkan bpjs, tetapi perusahaan belum pernah memberi kartu bpjs ketenagakerjaan yang asli kepada saya tapi saya cek di bpjs mobile ad saldonya dan bru non aktif beberapa hari yang lalu, apakah kartu bpjs tersebut bisa diganti dengan meminta surat kehilangan dari polsek untuk syarat pencairan ?

  27. Admin mau tanya nih,semisal pas kita kerja masih single nih msh pke kk orang tua trs hbs tu berhnti kerja .trs nikah trs udah pnya kk sendiri .trs pengin nyairin bpjsnya pas udah nikah dan pnya kk sendiri .yg dipke kk orang tua/sendiri?kan wktu kerja masih pke kk orang tua .

  28. Mas mau nanya klo kita udah resign 1 bln dari perusahaan lama apakah kita udah bisa cairin bpjs? Packlaring udah ada tp status di bpjs msh aktiv
    Mohon bantuan ny
    Terimakasih

  29. Saya sudah resign satu bulan lebih… Tapi masih aktif waktu ngecek di aplikasi, apa bisa langsung di cairin ga ya kira2..persyaratan udah lengkap semua, paklaring, dll..mohon penjelasannya terima kasih..

  30. Mas saya kan terakhir kerja tahun 2014, dan sekarang sudah tidak bekerja lagi. Saya pernah baca kalo syarat pencairan harus masih berstatus pegawai di suatu perusahaan. Apakah itu benar?

      1. Maaf mau tnya ini, yg dimaksud dri surat yg disnaker itu, berhenti kerjanya karena resign atau apa ya? soalnya saya abis kontrak apa harus ada surat disnaker tsb. Saya adanya plakaring tp disitu dijelasin mulai dn berhenti kerja? Mintaa infonya gan makasih

        1. Surat keterangan bahwa yang bersangkutan pernah bekerja dan sudah berhenti dari perusahaan tersebut. Dikeluarkan oleh perusahan ditujukan kepada disnaker. Kita dapat juga

      1. mba/mas saya mau bertanya,,.
        Saya mau mencairkan jamsostek thn 2013 di perusahan yg lama saya sudah tidak aktif,,
        Tetapi skarang saya bekerja di perusahaan yg baru bisa gak yaa?

  31. Mas mau tanya, kl yg buku tabungan itu yg dulu didaftarkan perusahaan sblumnya atau yg skr? swww.kawasaki-motor.co.idoalnya kl yg lama itu udh hangus, kl diganti sm yg skr bs ga?

  32. Kalo mau legalisir disnaker apakh harus di disnaker sesuai alamat pt misal pt di bekasi harus di disnaker bekasi,..?

    1. Maaf saya kurang paham kalau soal ini. Silahkan mba wiwin datang aja langsung ke kantor BPJS tenaga kerja dikota mba.

  33. Sy mau nanya;kalau ga ada surat Disnaker Ama KK asli bisa ga ya..d caikkan??
    Soal sy lgi ngurus pindah domisili..
    Itu caranya gimana ya??

  34. Mas sy mw tanya. Surat ket rekam data itu hrs dr dukcapil tempat dikluarkannya resi kita atau bisa ke dukcapil manapun?
    Jd saya sudah pindah ke bogor yg tadinya di medan. Hrs mnta dr dukcapil medan atau bisa di bogor?
    Tq…

    1. Iya harus tunjukkin yg asli pas proses verifikasi dokumennya. Setelah itu sih yang dipakai tetap yang copiannya. Kalau KTP nya udah E-KTP ya nggak perlu lagi surat rekam dari disdukcapil. Tapi kalau memang mba nya belum dapat E-KTP ya mesti ada

  35. Halooo.. Permasalahan saya e-ktp saya berubah wujud fisik nya semenjak pindah domisili, jd bukan e-ktp ky kartu atm, tapi ktp kertas yg hanya dilaminating, NIK nya tetap sama dgn e-ktp sebelum nya. Apa nanti ktp saya ga diterima, mohon bantuan nya 🙂

    1. Berarti sebelumnya udah E-KTP ya mba? Kalau sebelumnya udah punya E-KTP sepertinya bisa mba. Logikanya pasti nama dan data mba nya sudah masuk secara online ke seluruh Indonesia. Dicoba aj ya mba

  36. Mau tanya, saya mulai kerja April 2015 dan kemaren April 2017 habis masa kontrak ,, apa sekarang bisa untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan ???

  37. Maaf sebelumnya,saya ga ada pertanyaan..tapi saya mau acungkan jempol buat mas Admin yang secara sabar,telaten dan rinci menjawab semua pertanyaan walaupun terkadang banyak pertanyaan yang sebenarnya sudah di jawab.Salut saya mas…..

    1. Nggak bisa mas. Itu persyaratan yang wajib ada. Bukan surat dari disnaker ya mas, tp surat keterangan bahwa kita pernah bekerja dan sudah berhenti dari perusahaan tersebut. Dikeluarkan oleh perusahan ditujukan kepada disnaker. Kita dapat juga

  38. mas saya mau tanya, saya kan mau cairkan jamsostek karena sudah berhenti kerja dari perusahaan tsb. nah kan salah satu syaratnya itu harus ada KK . saya baru menikah, dan belum punya KK . itu bagaimana ya.. boleh ga ya pake KK lama sblm menikah. kebetulan sya juga baru daftar buat e-KTP jd di surat keterangan perekamannya statusnya sudah kawin. mohon infonya mas . terima kasih

  39. Mas sya mau tanya mengenai surat pemberhentian kerja untuk disnaker. Saat kita meminta ke perusahaan apakah perusahaan sudah mengirimkan ny k disnaker lbih dulu? Dan kita hanya meminta kopian ny saja untuk bpjs ketenagakerjaan apa gimana?

    1. Iya mba. Jadi itu semacam surat pemberitahuan ke disnaker kalau kita udah resign dari perusahaan tsb. Jadi urusan perusahaan ke disnaker bukan urusan kita. Kita yg penting mah dapat aslinya juga mba (bukan kopian)

      1. Apa asli ny juga di pertanyakan di kantor bpjs ketenagakerjaan mas? Soalnya ada yg mengatakan tidak perlu menunggu legalisir ny. Cukup kopian ny aj

  40. Mas maaf aq mau tanya..
    Aq kasusnya sama kaya istri mas, dlu saya tinggl dbgr dan skrng nikh ikut suami di tgrng. Perekaman ektp aq udah ada dan kk yg baru..
    Nah itu udah cukup kan mas, gk usah minta srt domisli setempat lagi…. Dan untuk rek itu apa aja yaa banknya?

  41. Admin aku mau tanya dong , berkas sudah lengkap . Tapi masalah e-ktp status sama alamat ada perubahan , nah ktp nya blm jadi . Tapi ada surat keterangan dari kecamatan kira2 bisa gag yah ?

  42. istri saya resign tahun 2014, apakah di persyaratan haru ada surat dari DISNAKER juga? karena yg saya dengar tahun 2015 ke atas persyaratan klam BPJS haeus ada surat DISNAKER. Apakah yg 2014 juga sama?resign

    1. Istri saya nggak pakai surat dari Disnaker mas. Yg ada surat keterangan kalau kita udah nggak kerja lagi yang dikeluarkan Perusahaan tempat kita bekerja dulu untuk ke disnaker.

  43. Tp katanya 2017 da peraturan bru y mas d perusahaan sya kok gx ngsih surat surat keterangan kalau kita udah nggak kerja lagi yang dikeluarkan Perusahaan tempat kita bekerja dulu untuk ke disnaker. Soalnya kmrin aq minta mlh d mrhin truz mlh ngmong gtu da peraturan baru itu gmna mas

    1. Kalau itu saya kurang paham ya mba. Tp yg jelas sejak saya tulis artikel ini, surat keterangan dari perusahaan itu wajib ada untuk keperluan klaim.

  44. Masalah packlaring nih ka,, saya dapet jamsostek 10 tahun lalu,, itupun ga dapet packlaring karna sistem outsourcing,, dan kacaunya sepertinya perusahaannya sudah lenyap ditelan bumi (bangkrut) … saya cek saldo jamsostek masih aktif dan lumayan,, lalu gimana nasibnya ??

  45. Pak sya mau tanya… Saya org tangerang… Sekarang tinggal di bali tp tidak menetap…kalo saya mau mencairkan bjs ketenaga kerjaan saya di wilayah bali bisa atau tidak ya pak… Terimakasih..

  46. Mas,dulu sya pernah cek saldo d online..otomatis data sya dh masuk online..klo nyairin bpjs secara manual bisa ga ya?…coz hp sya hilang…tdi sya nyoba e-klaim bpjs,kode verifikasi sudah d kirim k hp yg hilang…

    1. Memang enaknya manual mba. Istri saya coba lewat online selalu ditolak. Padahal syaratnya sudah dirasa lengkap. Pas tanya ke petugas BPJS langsung katanya memang waktu itu sedang ada gangguan. Tapi gangguannya kok lama sekali ya 🙂

  47. permisi mas , mau bertanya kartu keluarga saya hilang dan dalam pengurusan kembali , saya punya fotocopy nya dan apakah berlaku resi pengurusan kartu keluarga nya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *